Kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data Keluarga bagi PLKB/PKB se Kota Padangsidimpuan Tahun 2016

Data 2016 2Laporan Kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data
Keluarga bagi PLKB/PKB se Kota Padangsidimpuan
Tahun 2016

I. LATAR BELAKANG

Pelaksanaan Pendataan Keluarga yang dilaksanakan sejak tahun 1994 didasarkan Undang-Undang No. 10 tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera merupakan bagian dari Sistem Informasi dan Manajemen Program KB Nasional, berkaitan dengan penyediaan informasi data dan untuk mendukung pelaksanaan operasional dan manajemen Program KKB Nasional. Data hasil Pendataan Keluarga sebagai sumber data dan informasi yang berkualitas, akurat, tepat waktu dan dapat dipercaya serta memberikan gambaran yang tepat dan menyeluruh tentang keadaan dilapangan.
Sesuai UU No. 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan tertuang dalam RPJMN 2015-2019, maka diperlukan data mikro keluarga sebagai data basis operasional dan peta kerja Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dan program intervensi lainnya. Untuk mendapatkan data mikro keluarga tersebut maka dilakukan Pendataan Keluarga, di mana dalam kegiatan tersebut untuk mengumpulkan data primer tentang kependudukan, data keluarga berencana, data pembangunan keluarga dan data anggota keluarga, yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah (Pemda dan BKKBN) secara serentak pada waktu yang telah ditentukan dan selanjutnya akan dilakukan setiap 5 ( lima ) tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah, dengan wawancara dan atau observasi. Dan setiap tahun dilakukan pemutakhiran data Kependudukan, data Keluarga Berencana, data Pembangunan Keluarga dan data Anggota Keluarga secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.
Untuk mendukung Pelaksanan Pemutakhiran Data Keluarga 2016, diperlukan penyiapan SDM yang kompeten dalam mengelola dan melaksanakan Pemutakhiran Data Keluarga 2016. Dengan kegiatan Orientasi, diharapkan peserta dapat mentransfer pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam mengelola dan melaksanakan pendataan keluarga, sehingga pendataan keluarga dapat berjalan lancar dan kualitas data terpercaya.

II. T U J U A N

Kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data Keluarga tahun 2016 ini diharapkan dapat memberikan petunjuk secara rinci tentang mekanisme dan tata cara pelaksanaan Pemutakhiran Data Keluarga tahun 2016 di kota padangsidimpuan, guna memudahkan pelaksanaan tugas para kader pendata, PLKB/PKB dilapangan dalam pengisian formulir pendataan keluarga yang sudah disediakan, sehingga tersedianya basis data kependudukan, data keluarga berencana, data pembangunan keluarga dan data individu anggota keluarga di setiap tingkatan wilayah.

III. DASAR PELAKSANAAN

  1. Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga;
  2. Undang-Undang Nomor 10 tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Padangsidimpuan;
  3.  Undang-undang Nomor 10 tahun 2004 tentang pembentukan peraturan Perundangan-Undangan;
  4. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera;
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2009 tentang Perubahan atas peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 1994 tentang pengelolaan Perkembangan Kependudukan;
  7. Peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota ;
  8. Peraturan pemerintah nomor 41 tahun 2007 tentang Oraganisasi Perangkat Daerah;
  9. Peraturan Presiden nomor 62 tahun 2010 tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional;
  10.  Peraturan Daerah kota Padangsidimpuan nomor 01 tahun 2008 tentang urusan pemerintah Daerah Kota Padangsidimpuan;
  11.  Peraturan Daerah Kota Padangsidimpuan Nomor 4 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Tekhnis Daerah Kota Padangsidimpuan;
  12. Surat Edaran Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 470/7580/SJ perihal Dukungan Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2015;
  13. Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara Nomor : 843.4/745 Perihal Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2015;
  14. Instruksi Walikota Padangsidimpuan Nomor : 471/843.4/INS/2015 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pendataan Keluarga di Kota Padangsidimpuan Tahun 2015;

IV. WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Orientasi Pemutakhiran Data Keluarga bagi PLKB/PKB se Kota Padangsidimpuan Tahun 2016 yang dilaksanakan di Aula Dakwah Masjid Taqwa Kampung Marancar Kota Padangsidimpuan.

V. PESERTA KEGIATAN

Peserta Kegiatan Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2016 sebanyak 60 (Enam Puluh) orang terdiri dari PLKB/PKB seluruh Kecamatan se Kota Padangsidimpuan.

VI. PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Pendaftaran Peserta
  2. Pembukaan acara oleh Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Padangsidimpuan.
  3. Penyajian materi terdiri dari :
    a. Mekanisme Pemutakhiran Data Keluarga Tahun 2016
    b. Pemetaan Keluarga Tahun 2016
    c. Tata Cara Pemutakhiran Data Keluarga tahun 2016

VII. TUJUAN

Tujuan dilaksanakan Orientasi Pemutakhiran Data Keluarga ini adalah untuk persiapan SDM PLKB/PKB pada Pemutakhiran Data Keluarga Tahun 2016, sehingga Peserta memahami konsep dasar Pemutakhiran Data Keluarga, Peserta memahami dan mengerti tata cara pengisian formulir Pendataan Keluarga ( F/I/PDK/16). Sehingga pada saat pengumpulan data dilapangan tidak mengalami kendala agar diperoleh data mikro keluarga yang menggambarkan kondisi kuantitatif dan kualitatif keluarga secara tepat dan akurat yang dapat digunakan untuk perencanaan dan penetapan kebijakan khususnya dalam meningkatkan kualitas keluarga dan Sumber Daya Manusia di Kota Padangsidimpuan.
Pemutakhiran Data Keluarga adalah merupakan data mikro keluarga di daerah. Pendataannya dilakukan bersama masyarakat. Data dan Informasi ini sangat penting untuk mendukung program pembangunan di daerah, khususnya program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Nasional.

VIII. PENUTUP

Demikian laporan kegiatan Pemutakhiran Data Keluarga Tahun 2016 ini disampaikan, dengan harapan para peserta dapat menambah pengetahuan setelah mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta.

Notulis,
dto

Viena Merlya Dewi,SE
Penata Tk. I
Nip. 19750808 199903 2 008

Speak Your Mind

*