Laporan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak Melalui Kelompok di Masyarakat Se–Kota Padangsidimpuan Tahun 2017

Laporan
Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak Melalui Kelompok di Masyarakat
Se–Kota Padangsidimpuan Tahun 2017
A. LATAR BELAKANG KEGIATAN
Kesehatan ibu, bayi dan anak adalah pangkal kesejahteraan bangsa. Kita semua pasti sepakat bahwa generasi muda adalah harapan bangsa, bahwa kemajuan suatu bangsa pada masa mendatang tergantung dari generasi muda yang ada pada hari ini. Dalam hal mempersiapkan generasi muda inilah pentingnya program kesehatan ibu, bayi dan anak. Bila kaum ibu sehat secara jasmani dan rohani maka dari rahim para ibu yang sehat jasmani dan rohani akan lahir anak-anak yang sehat. Apabila lahir anak-anak yang sehat maka akan tumbuh generasi muda yang sehat, tangguh, cerdas sebagai penentu nasib bangsa pada masa depan.Program kesehatan ibu, bayi dan anak tentunya bermuara pada tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang maksimal bagi ibu dan anaknya serta menjamin proses tumbuh kembang anak secara optimal yang merupakan landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya.
Sumber Daya Manusia terbukti sangat menentukan kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu Negara. Sumber daya manusia yang berkualitas tentunya sumber daya manusia yang sehat ,cerdas dan produktif. Masalah kesehatan ibu, bayi dan anak masih merupakan masalah global diberbagai negara dan di Negara Indonesia masalah kesehatan ibu,bayi dan anak masih merupakan masalah serius yang dijadikan prioritas bagi pemerintah untuk dicarikan solusinya. Tingginya angka kematian ibu, angka kematian bayi dan lain sebagainya merupakan indikator perlunya konsentrasi pemerintah dalam bidang program kesehatan ibu,bayi dan anak. Negara dan bangsa juga akan menderita bila ibu, anak dan keluarga serta masyarakat tidak sehat sebab kematian balita sangat erat hubungannya dengan tingkat sosial ekonomi, keadaan gizi dan pelayanan kesehatan.
Salah satu cara yang ditempuh tentunya dengan menggalakkan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, individu maupun kelompok dengan harapan bahwa masyarakat, individu ataupun kelompok dapat memperoleh pengetahuan tentang kesehatan yang akhirnya pengetahuan tersebut diharapkan dapat berpengaruh terhadap perilaku sasaran penyuluhan. Berdasarkan hal-hal yang diuraikan di atas, Pemerintah Kota Padangsidimpuan dengan visi dan misi sehat, maju, sejahtera, memiliki perhatian yang besar terhadap kesehatan ibu,bayi dan anak. SKPD Badan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Padangsidimpuan mempunyai satu kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan ibu,bayi dan anak yang diaktualisasikan dalam bentuk suatu penyuluhan.
B. DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah;
2. Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga;
3. Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Bidang Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Daerah Kota Padangsidimpuan Tahun 2017;
4. Surat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Daerah Kota Padangsidimpuan Nomor : 476/1389/2017 Tanggal 13 Maret 2017 tentang Susunan Panitia Pelaksana Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak Melalui Kelompok di Masyarakat Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017.
5. Surat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Daerah Kota Padangsidimpuan Nomor : 476/1441/2017 Tanggal 15 Maret 2017 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak Melalui Kelompok di Masyarakat Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017
C. TUJUAN KEGIATAN
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari kegiatan ini adalah tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal bagi ibu dan keluarganya serta meningkatnya derajat kesehatan anak untuk menjamin proses tumbuh kembang anak.
2. Tujuan Khusus
a) Meningkatnya kemampuan TP. PKK Kecamatan dan TP.PKK Desa/Kelurahan dalam menyampaikan komunikasi, informasi dan edukasi tentang kesehatan ibu, bayi kepada masyarakat luas khususnya kepada masyarakat di Desa/Kelurahan masing-masing.
b) Meningkatnya upaya pembinaan kesehatan ibu, bayi dan anak secara berkesinambungan yang dilakukan oleh TP.PKK Kecamatan dan TP.PKK Desa/Kelurahan.
c) Meningkatnya mutu pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak dari stakeholder terkait.
d) Meningkatnya kemampuan dan peran serta masyarakat dan keluarga untuk mengatasi masalah kesehatan ibu,bayi dan anak terutama melalui peningkatan peran ibu dalam keluarganya.
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak Melalui Kelompok Dimasyarakat Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017 ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 21 s.d 22 Maret 2017 dan lokasi kegiatan bertempat di aula Bung Hatta MAN 2 Padangsidimpuan.
E. PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan ini yaitu ibu-ibu TP.PKK Kecamatan dan TP.PKK Desa/Kelurahan dari 6 (enam) Kecamatan di Kota Padangsidimpuan sebanyak 200 orang.
F. HASIL KEGIATAN
1. Terlaksananya Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak Melalui Kelompok Dimasyarakat untuk tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017 dengan baik dan lancar.
2. Diharapkan kedepannya agar para ibu-ibu peserta penyuluhan lebih mengerti dan peka mengenai keadaan para anaknya seperti pemberian nutrisi yang sesuai usia balita dan memperhatikan pengolahan makanan pendamping asi sang anak.
3. Ibu-ibu peserta penyuluhan memperoleh wawasan dan pengetahuan yang lebih luas tentang perkembangan kependudukan dan keluarga berencana.
4. Diharapkan kedepannya terjadinya perubahan sikap dan perilaku dari individu, kelompok, keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk dapat menanamkan prinsip-prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
G. KESIMPULAN
1. Laporan ini merupakan hasil pelaksanaan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak Melalui Kelompok Dimasyarakat Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017 yang dilaksanakan tanggal 21 s.d 22 Maret 2017 di MAN 2 Kota Padangsidimpuan.
2. Kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun dengan sarana/media yang sederhana, para peserta dapat menerima materi atau informasi yang disampaikan dan bertambah pengetahuannya.
3. Peserta penyuluhan yang terdiri dari kaum ibu-ibu antusias dan menyambut baik diadakannya kegiatan ini karena relevan dengan kondisi dan situasi perkembangan kesehatan masyarakat sekarang dan di masa mendatang.
H. SARAN
1. Dalam pelaksanaan kegiatan dimasa yang akan datang, jumlah distribusi peserta harus lebih banyak sehingga proses penyebaran informasi tentang kesehatan ibu,bayi dan anak dapat berlangsung lebih cepat.
2. Tingkat partisipasi sasaran penyuluhan yaitu ibu-ibu yang telah mengikuti kegiatan ini tentunya sangat diharapkan untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan yang telah diperoleh dari penyuluhan ini kepada pihak-pihak lainnya.
3. Kegiatan penyuluhan kesehatan seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan di masa-masa mendatang.
4. Informasi yang telah disampaikan pada saat penyuluhan dapat diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari untuk kesehatan kita bersama.
I. PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas segala rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, pembuatan laporan pelaksanaan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak Melalui Kelompok Dimasyarakat Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017 dapat diselesaikan dengan baik tanpa mengalami hambatan berarti.
Terima kasih kepada semua yang telah membantu sehingga penulisan laporan ini dapat terselesaikan. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pada laporan ini terdapat kata-kata yang tidak berkenan dan masih banyak kekurangan.
Saran serta kritik membangun demi perbaikan penulisan laporan ini tentunya sangat dinantikan agar dalam penyusunan laporan selanjutnya dapat tersajikan dengan lebih baik dan lebih sempurna lagi.
Semoga laporan kegiatan yang kami buat ini dapat memberikan wawasan pendidikan kepada para pembaca sekalian dan besar harapan kami semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak. Amin.
Padangsidimpuan, Maret 2017
Notulis
Kabid. Ketahanan dan
Kesejahteraan Keluarga
Dto.
Dra. SISWANTI

Speak Your Mind

*