Visi dan Misi

fitur visi dan misiMenyikapi berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi secara global, menuntut Pemerintah Daerah dalam hal reformasi pemerintahan, baik pada tingkat Pusat maupun Daerah, serta dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan harus mampu secara berkualitas, kuantitas, efisien, dan efektif serta transparan dalam menyelenggarakan tugas-tugas yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan di berbagai sektor. saran dan kebijakan yang ditentukan Pemerintah Daerah.

Untuk memberikan gambaran serta kondisi masa depan yang di idam-idamkan masyarakat sebagai arah dalam menentukan masa depan yang realistis dan terukur, maka Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan merumuskan visi maupun misi organisasi sebagai berikut:

A. VISI

Visi adalah cara pandang jauh ke depan ke mana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan menyatakan akan membawa organisasi agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif menghadapi era globalisasi yang sudah di depan mata. Pernyataan visi ini merupakan suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang ingin dicapai oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan setelah melalui tahapan penyusunan rencana strategis berdasarkan nilai-nilai luhur yang ada.

Visi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan adalah sebagai berikut:

“KELUARGA KECIL, SEJAHTERA, HARMONIS DAN BERKUALITAS”

Untuk mempersamakan persepsi dan interpeksi dan pemahaman terhadap rumusan visi maka dibuat pengertian operasional sebagai berikut:

Keluarga Kecil: adalah keluarga yang mempunyai anak dua atau disebut dengan Catur Warga.
Sejahtera: adalah mampu memenuhi kebutuhan material dan spritual dan melaksanakan ibadah dengan baik, terjaminnya kesataraan gender dan perlindungan anak.
Harmonis: adalah semua anggota keluarga hidup rukun dan damai.
Berkualitas: adalah keluarga yang mempunyai ciri-ciri maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. M I S I

Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil sesuai dengan visi yang ditetapkan. Dengan adanya misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengenal dan mengetahui peran dan program serta hasil yang akan diperoleh, maka Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotagsidimpuan adalah:

  1. Memberdayakan Masyarakat Membangun Keluarga Kecil dan Berkualitas.
  2. Mewujudkan Data Mikro Keluarga yang Akurat.
  3. Mewujudkan Peningkatan Kesejahteraan, Kemandirian dan Ketahanan  Keluarga.
  4. Meningkatkan Advokasi dan KIE serta Kualitas Pelayanan  KB  dan  Kesehatan  Reproduksi.
  5. Mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender dan Perlindungan Anak.
  6. Mewujudkan Kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan yang berkualitas.

Untuk mempersamakan persepsi dan interpeksi dan pemahaman terhadap rumusan Misi maka dibuat pengertian operasional sebagai berikut:

  1. MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MEMBANGUN KELUARGA KECIL DAN BERKUALITAS, maksudnya adalah Memotivasi masyarakat agar ikut program Keluarga Berencana agar keluarga tersebut dapat maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. MEWUJUDKAN DATA MIKRO KELUARGA YANG AKURAT, maksudnya adalah Tersedianya data basis yang Up to Date tentang keluarga dan individu anggota keluarga disetiap tingkatan wilayah.
  3. MEWUJUDKAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN, KEMANDIRIAN DAN KETAHANAN  KELUARGA, maksudnya adalah Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluarga menuju keluarga sejahtera serta melakukan pembinaan dan menumbuh kembangkan kelompok kelompok kegiatan (Catur Bina).
  4. MENINGKATKAN ADVOKASI DAN KIE SERTA KUALITAS  PELAYANAN  KB  DAN  KESEHATAN  REPRODUKSI, maksudnya adalah Penyebarluasan informasi untuk peningkatan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi secara baik dan memuaskan, memperkecil angka kegagalan dan komplikasi serta meningkatkan pengetahuan remaja terutama kaum perempuan terhadap reproduksi sehat dan hak reproduksi.
  5. MEWUJUDKAN KESETARAAN DAN KEADILAN GENDER DAN PERLINDUNGAN ANAK maksudnya adalah Pengarusutamaan Gender melalui peningkatan keterampilan, kualitas sumber daya perempuan serta terjaminnya hak–hak anak.
  6. MEWUJUDKAN KELEMBAGAAN DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA YANG BERKUALITAS, maksudnya adalah : Pemberdayaan segala sumber daya aparatur serta sarana  prasarana untuk meningkatkan pelayanan yang optimal.